Rabu, 04 November 2015

PERTUMBUHAN BIBIT KARET (Hevea brasiliensis) DENGAN PEMBERIAN GIBERELINE BERBAGAI KONSENTRASI DAN PUPUK KANDANG AYAM BERBAGAI DOSIS

Indonesia memiliki potensi yang sangat besar di sektor pertanian khususnya di sektor perkebunan. Salah satu tanaman yang dikembangkan adalah tanaman karet.
Tanaman karet  yang baik didukung dengan bibit yang unggul. Akan tetapi penggunaan bibit unggul pada perkebunan karet rakyat tergolong masih rendah. Sumber bibit unggul pada perkebunan rakyat biasanya berupa bibit cabutan atau bibit dengan mutu yang rendah (Akeifnawati 2007). Penggunaan bibit yang seperti itu, dapat menyebabka produktifitas karet menjadi lebih rendah dibandingkan dengan produktifitas karet yang menggunakan bibit unggul.
Upaya untuk menghasilkan bibit yang unggul dengan kriteria di atas dapat dilakukan dengan perbaikan teknik pembibitan seperti pemberian pupuk kandang dan penggunaan ZPT giberelin sesuai dosis yang diperlukan tumbuhan.
Pemberian pupuk kandang dapat meningkatkan kesuburan tanah.  Jenis pupuk yang digunakan dapat berupa pupuk organik dan anorganik.  Pupuk kandang merupakan pupuk organik yang mengandung unsur hara makro dan mikro.  Pemberian pupuk kandang dapat memperbaiki sifat fisik, kimia maupun biologi tanah.
Pupuk kandang ayam memiliki unsur hara yang lebih banyak dibandingkan pupuk kandang lainnya. Pupuk kandang ayam mengandung kadar hara nitrogen, fosfor, kalium dan air yang berguna bagi tumbuhan. Pupuk kandang ayam tergolong pupuk dingin yang penguraiannya berjalan sangat lambat sehingga tidak terbentuk panas.
Giberelin atau asam giberelat (GA), merupakan hormon perangsang pertumbuhan tanaman yang diperolwh dari Giberella fujikurou atau Fusarium moniliforme, aplikasi untuk memicu munculnya bunga dan pembungaan yang serempak. Pemberian giberelin dapat mengatur pemanjangan batang (ruas batang), juga pertumbuhan pucuk dan pembentukan buah. Secara umum fungsi giberelin adalah untuk merangsang pertumbuhan merekayasa dan terbentuknya buah tanpa biji (partenokarpi). Pemberian giberelin berfungsi untuk mengatasu kekerdilan akibat mutasi (generic dwaism), mempercepat  proses pertumbuhan, mempercepat proses pembungaan, dan meningkatan produktifitas.
Krisnarini, dkk : Pertumbuhan Bibit Karet (Hevea brasitiensis) dengan Pemberian Gibereline Berbagai Konsentrasi
Berdasarkan uraian diatas, maka perlu dilakukan penelitian mengenai pengaruh berbagai kinsentrasi giberelin dan perbandingan pupuk kandang ayam terhadap bibit karet.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui potensi bibit karet bila diberi perlakuan gibereline dan pupuk kandang ayam.

untuk membaca lebih lengkap, silahkan klik Disini

0 komentar:

Posting Komentar